Pages

Tuesday, September 7, 2010

KUNCI BERKAT YANG SESUAI POLA TUHAN (22/08/2010)

Yesaya 43:1-7

1. Pendahuluan
-> Sejarah bangsa Israel jatuh bangun sejak jaman hakim-hakim dan raja-raja. Ketika mereka taat kepada Tuhan mereka penjagaan Allah terjadi tetapi ketika mereka tidak taat mereka menjadi bangsa yang terbuang, ditawan oleh musuh-musuh mereka,  jauh dari berkat-berkat Tuhan.
-> Pada masa pembuangan bangsa Israel, nabi Yesaya menubuatkan berita penghiburan di tengah-tengah kesulitan mereka dengan cara mengingatkan bangsa Israel kepada sejarah nenek moyang mereka yaitu kehidupan Yakub sebelum dan sesudah bertemu dengan Tuhan (Kejadian 35:10)
-> Sebelum Yakub bertemu dengan Tuhan kehidupannya penuh dengan kecurangan, trik dan kejahatan lainnya (baca kembali cerita tentang kehidupan Yakub). Sesudah ia bertemu (Kejadian 27) dengan Tuhan, kehidupannya berubah total dan menjadi alat Tuhan untuk melahirkan 12 suku Israel, yang pada akhirnya melahirkan Yesus Kristus dari suku Yehuda.
-> Bagaimana dengan kita sebagai orang percaya? Kadang kala kita ditawan oleh manusia lama kita yang sebenarnya sudah tersalib.

2. Kunci menerima berkat Tuhan
MENGALAMI PEMBF.NTUHAN TUHAN!!! (Yesaya 43:1)
Dijelaskan bahwa:
->  "Yakub diciptakan"
Yakub yang sudah dipilih Tuhan atau lahir baru tetapi belum mengalami proses pembentukan. Suatu kehidupan yang dikuasai oleh manusia lama atau berbagai keinginan lama. Berkat yang didapatkan oleh orang seperti ini adalah berasal dari kecurangan sebagaimana Yakub menipu baik Esau maupun Ishak ayahnya. Orang Kristen seperti ini sulit menerima berkat dan tidak bisa menjadi berkat. Orang percaya gaya "Yakub" harus dibentuk lebih dahulu dan diproses sebagaimana Yakub yang diproses oleh Tuhan.
->  Bagaimana dengan motivasi-motivasi kita? Kehidupan kita pada saat ini akan membuktikan siapa kita yang sebenarnya di hadapan Tuhan. Segala yang kita lakukan dengan motif yang jahat pasti akan terwujud dalam perilaku yang jahat. Tuhan akan mendisiplin orang seperti "Yakub" sampai motif-motif kita yang jahat hilang.
->   "Israel dibentuk"
Petemuan Yakub dengan Tuhan adalah berupa pergumulan yang akhirnya dimenangkan oleh Yakub (Kejadian 32:28) dan Tuhan mengubah namanya dari Yakub menjadi Isarel. Peristiwa ini memberi arti kepada kita untuk memenangkan pergumulan kita terhadap berbagai keinginan jahat dalam diri kita dan menjadi orang yang dikehendaki Tuhan. Bukti Yakub diubah, ketika Laban, mertuanya menipu dia, tetapi dia tidak balik menipu (Kejadian 31:5-7).

3. Mengapa kita dibentuk?
->  Bila kita tidak dibentuk lebih dahulu maka langkah-langkah kita akan keliru dan besar kemungkinan bertentangan'dengan Tuhan karena tindakan seseorang yang belum dibentuk berasal dari manusia lamanya (Yoh. 6:63)
->  Orang yang sudah dibentuk menjadi pribadi yang Tuhan kehendaki akan menarik perkenanan dan kelimpahan dari Tuhan.

Contoh
1. Yusuf menerima perkenan Tuhan saat ia dipenjara niengalami pembentukan Tuhan (Kejadian 39:21).
2. Daniel (Daniel 1:9)
3. Daud (Mazmur 30:7)
->  Orang yang sudah dibentuk seperti Tuhan kehendaki akan memiliki karakter yang siap menerima berkat.
4. Hasil pembentukan Tuhan
->  Berkat bagi orang yang sudah menjadi ISRAEL =
1. Penyertaan Tuhan di masa-masa sulit (Yesaya 43:2)
2. Menjadi orang yang berharga (Yesaya 43:6)
Artinya  menjadi berkat bagi atau menjadi perabot yang mulia bagi Tuhan.

Kesimpulan
-> Jangan fokus kepada berkat; uang dan emas
-> Jangan mencari hasil dengan kekuatan sendiri, tetapi berubahlah dahulu melalui pembentukan.

0 komentar:

Post a Comment