Pages

Tuesday, March 30, 2010

LANGKAH-LANGKAH MENJADI SESEORANG YANG DIKEHENDAKI TUHAN (28/03/2010)

ULANGAN 8:17-18

Tahukah saudara apa yang dimaksud dengan "kekuatan" untuk memperoleh kekayaan? Apa yang dimaksud dengan kekuatan itu?
Kekuatan yang dimaksud dalam ayat ini bukanlah kckuatan yang bcrasal dari luar, seperti pengurapan dari hamba Tuhan misalnya. tctapi sesuatu yang ditanamkan di dalam diri kita oleh Tuhan sendiri. Itulah menjadi seseorang yang sudah dibentuk oleh Tuhan.
Inilah yang membuat Ishak menjadi kaya, dan makin lama semakin kaya, dan menjadi sangat kaya.
Bagaimana langkah praktisnya agar menjadi seseorang yang dikehendaki Tuhan menjadi kenyataan dalam hidup kita?
1. .Benih yang lama hams mati
         Manusia lama kita harus mati, kita tidak boleh bcrkuasa, tidak bisa menjadi seseorang yang dikehendaki Tuhan jika kehidupan yang lama masiih ada. Benih yang lama adalah kehidupan manusia lama, manusia jasmania hidup.yang dihidupi oleh darah dan daging, egoisme, dan yang berorientasi pada hal-hal yang alami lahiriah.dan manusiawi. Benih yang lama ini mempengamhi sikap kita, tabiat kita, kebiasaan kita, pola pikir kita, perkataan kita, perbuatan kita, dan paradigma kita.
(baca yoh 12:24) Apabila benih yang lama mati. itu berarti tidak ada kehidupan dalam benih yang lama. Jika benih yang lama masih hidup maka akan terjadi konflik nilai, konflik dalam cara berpikir, konflik dalam cara menjalani hidup ini sehingga saudara tidak dapat menjalani sepenuhnya seperti  yang Tuhan kehendaki. Oleh karena itu saudara harus belajar di-NOL-kan artinya tidak ada lagi saudara yang lama di dalam dirimu. Orang yang sudah di-NOL-kan akan mengaku seperti rasul paulus mengaku (baca Galatia 2:20). Di-NOL-kan Tuhan juga berarti kita dibuat tidak memiliki apa-apa atau menjadi seseorang yang dapat diandalkan, kecuali mengandalkan Tuhan saja.
         Itulah yang terjadi dengan Musa ketika ia diperintahkan Tuhan kembali ke Mesir setelah 40 tahun hidup di padang gurun. Ketika itulah ia tidak mempunyai lagi orang yang dapat ia minta tolong atau dihubungi di Mesir setelah 40 tahun meninggalkannya. Yang lama dalam dirinya untuk dapat diandalkan di Mesir sudah tidak ada lagi saat itu Musa menjadi nol, tidak dapat mengandalkan darah dan dagingnya. Alkitab berkata bahwa darah dan daging tidak boleh berkuasa atas hidup kita.
         Jadi untuk dapat hidup diberkati Tuhan, tidak boleh ada benih campuran dalam  kehidupan kita, yaitu benih yang lama bercampur dengan benih yang baru. (Baca yoh 8:3) Roh yang memberi hidup daging sama sekali tidak berguna. Jadi untuk rnenenma hidup dalam kelimpahan kita harus hidup dalam roh, karena darah dan daging sama sekali tidak berguna. Artinya ketika kita melkukan segala sesuatu dengan kekuatan lahiriah  kita, walaupun hasilnya kelihatan bagus menurut manusia, dimata Tuhan hal itu tidak berguna. 
         Sekarang, pilihan dan keputusan ada ditangan kita sendiri untuk menyerahkan anggota-anggota tubuh, yaitu mata, telinga, hidung  mulut, tangan, kaki,dan anggota tubuh Iain, entah itu kepada Allah atau kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman. Keputusan yang benar adalah kunci untuk mengalami kelimpahan.  
2. Manusia (benih) bam anda harus semakin nyata dan semakin kuat
        Agar saudara dapat menjadi seseorang yang sudah dibentuk Tuhan, langkah berikutnya adalah rnembiarkan benih yang baru semakin bertumbuh, menjadi nyata, dan semakin kuat.ada beberapa langkah praktis yang perlu di praktikkan untuk menjadi seseorang yang dikehendaki Tuhan menjadi kenyataan dalam hidup anda:
A. Pahami benih (manusia) baru anda dengan benar
         Jika anda tidak memahami manusia baru anda didalam tuhan, anda akan sulit berjalan dalam manusia baru yang semakin lama semakin kuat. Diungkapkan dalam 2 korintus 3:18 (baca)
Kita harus tahu sekarang bahwa kita mempunyai kemuliaan Allah itulah sebabnya Yesaya berkata "Bangkitlah, menjadi terang , scbab terangmu datang dan kemuliaaan Tuhan tcrbit atasmu (Yesaya 60:1). Jika kita tidak menyadari hal ini, saudara akan sulit menghidupi manusia barumu.Manusia barumu itu adalah kemuliaan yang makin lama makin bersinar dan makin lama makin dahsyat
Kita harus mengerti bahwa saudara telah keluar dari manusia lama masuk kedalam manusia barumu. Jika anda sudah menyadari siapa diri kita dalam Tuhan. maka saudara yakin.bukan sombong, Anda tidak akan merasa rendah diri. anda tidak akan merasa tidak mampu karena anda tahu anda adalah anak raja.
        Seorang hamba Tuhan dari nigeria Afrika ,menceritakan bahwa setiap pagi sebelum anaknya berangkat ke sekolah, mereka diperintahkan bcrbaris didepannya. la akan bertanya dua pertanyaaan kepada meraka: Pertama, "kalian ini berasal dari benih siapa?'
Mereka akan menjawab dengan tegas "Aku ini benih yang berasal dari Tuhan yng luar biasa 

Kedua,"lalu apa yang dapat kalian perbuat?"
Jawab mereka serentak,"Aku dapat melakukan sesuatu yang besar!'' Dengan kedua pertayaan seperti itu setiap pagi, anak-anaknya sadar siapa diri mereka. Jika anda tidak memahami siapa anda dalam Kristus, maka keputusan anda. reaksi anda, tindakan anda akan menggambarkan siapa anda yang sesunggguhnya di dalam Tuhan.
B. Renungkan manusia baru anda terus menerus
Apabila anda merenungkan sesuatu terus-menerus, maka anda akan menjadi seperti apa yang anda renungkan.Jika anda merenungkan kegagalan, anda akan gagal. Jika anda merenungkan keberhasilan, anda akan berhasil. Jika anda membiarkan pemikiran yang serba tidak mungkin terjadi, maka hal itu tidak mungkin terjadi. Renungkan manisia barumu! Renungkan betapa dahsyatnya anda! Renungkan itu terus menerus!(baca Filipi 4:8)
C. Lihatlah diri anda sekarang sebagai manusia baru
Lihatlah sekarang dirimu sebagai manusia baru! Manusia baru yang sanggup melakukan perkara besar dalam Tuhan! Jika anda melihat manusia baru itu, maka anda akan mulai merasakan manusia baru .Anda tidak mungkin menjadi manusia baru, jika anda tidak merasakannya. Jika anda dapat merasakan manusia baru, maka gaya hidup anda pasti berubah. Jika anda dapat merasakan sebagai seorang yang berhasil, anda akan mempunyai gaya hidup dan cara berpikir yang berbeda dari orang yang gagal.
D. Bersekutulah dengan orang orang yang akan membangun manusia barumu
       Jangan hersekutu, dengan orang-orang yang justru akan menghancurkan manusia barumu. Arnsal 13:20 (Baca) Dengan siapa anda bersekutu akan menentukan destiny anda
E. Anda harus bertindak sesuai manusia bam
       Anda harus bertidak sesuai manusia baru itu, baik dalam nilai yang baru, prinsip yang baru, pola pikir yang baru dan kebiasaan yang baru. Bangun manusia baru anda .dengan tindakan nyata! Jika anda melihat diri anda sebagai mahluk spiritual, maka anda akan terbiasakan diri anda berdoa, membaca firman, beribadah ke gereja dan bersaksi bagi Kristus.
Apakah anda sudah melihat dirimu sebagai anak raja? Apakah anda sudah merasakan dirimu sebagai anak-raja? Jika belum, pasti anda stess dan depresi, karena anda belum siap.
F. Anda harus berbicara sebagai manusia baru
        Sebagai manusia baru anda harus berbeda bicaranya, perkataan anda tidak menyakiti orang dan tidak kasar. Lebih dari itu perkataan anda mengandung hikmat, kuasa dan kebenaran firman Tuhan, sehingga bisa membangun dan memberkati orang.
G. Berdoa didalam roh manusia baru
        Baca Yudas 1:20 Gunakan bahasa roh sesering mungkin

0 komentar:

Post a Comment